-->

Kura-kura Brazil


Red Ear Slider atau bisa juga kita kenal dengan Kura-kura Brazil / kura-kura RES (trachemys scripta elegans). Kalau menurut saya Mungkin ini yang disebut dengan kura-kura sejuta Umat, kenapa saya beranggapan seperti itu ? Dikarenakan kura-kura ini salah satu jenis kura-kura yang paling banyak di minati oleh Pecinta kura-kura, dan daya tahanya pun paling kuat, kura-kura ini Buat saya menjadi rekomendasi untuk Sobat yang Baru memulai Mengenal Kura-kura dan mau Memeliharanya.
 

RES tergolong Kura-kura Semi-Aquatic dimana dia membutuhkan Air Untuk Berenang dan Menghilangkan Dehidrasinya, dan membutuhkan Daratan seperti Kayu, Pasir, ataupun Batu untuk media berjemurnya. Di alamnya RES ini Seringkali berada di dalam air dan muncul kepermukaan berdiam diri di atas pijakan (Kayu, batu, pasir,) hanya untuk menjemur dirinya di terik matahari.



Kura-kura Brazil ini berasal dari selatan Amerika, kura-kura ini mempunyai ciri yang khas Garisan Warna Merah disamping kepalanya sehingga menyerupai bentuk Telinga. Dan mempunyai Warna Kerapas Yang Hijau Kekuningan pada Usia Dewasanya. Umurnya bisa mencapai 20 Tahun dengan panjang maksimal kurang lebih 30cm, akan tetapi banyak sumber yang mengatakan bahwa Kura-kura ini bisa mencapai Usia lebih dari 20 Tahun. Bisa dikatakan menginjak dewasa jika kura-kura ini berusia kurang lebih 5 sampai 6 Tahunan dan mulai bisa untuk menernakanya (Mengawinkannya).


kura-kura ini bisa bertelur antara 20 sampai 30 butir tergantung kesuburannya dan ukuranya. Dengan menyediakanya tempat bertelur (Media Tanah) kura-kura ini menggali untuk menyimpan telur-telurnya dan menguburnya.Dibutuhkan kurang lebih sekitar 3 Mingguan barulah bayi-bayi RES ini Menetas dengan perlahan (Menetas dalam waktu 3 minggu itu Tergantung Faktor Suhunya), Jika kita mempunyai RES Sepasang (Jantan dan Betina) kemudian si betina Bertelur, alangkah baiknya kita jangan dulu mencoba untuk memindahkanya, Ada Teknik-Teknik khusus untuk Cara Menangani Telur Kura-kura tersebut.Dan Beginilah bayi RES yang Lagi Menetas :



Tergolong ke kategori Omnivora/Pemakan Segalanya, apapun Dilahapnya.Akan tetapi untuk kita yang memeliharanya di rumah, Perhatikan pada Pola Makan dan Pakanya, jangan Sampai mengalami kasus RES yang Pyramiding ataupun Penyakit-Penyakit Pada Kura-kura lainya.
 

Untuk Bayi RES bisa kita kasih makan ikan-ikan kecil sperti; ikan Seribu, Ikan Lele anakanya, Udang, Jangkrik, pelet yang nutrisinya Seimbang (Balance).

Dan Untuk RES yang sudah dewasa bisa kita kasih Pakan Sayuran Seperti; Mentimun, Ubi Siam, Caisim, dll

*catatan : akan Lebih baik Kita dalam hal memberi pakan kura-kura yang Bervariatif, jangan terpaku sama satu Pakan saja.



Untuk kita yang memeliharanya di Indoor (Rumah) alangkah baiknya jika kita melihat settingan Aquarium yang di bawah ini :



Dan untuk yang Memeliharanya di Outdoor (Halaman Rumah) bisa kita kasih kan Kolam + Lahan Untuk Menjemurnya, Gambaranya 2/4 Tanah dan 2/4 Air.

Untuk Kedalaman Air Kita Bisa atur sesuai dengan Kamauan kita dan jangan takut tenggelam, kura-kura Brazil Memang sangat pandai dalam hal berenangnyadikarenakan kura-kura ini mempunyai selaput pada setiap celah-celah jari kakinya yang menyerupai Selaput pada Kaki Bebek.



Apakah Sobat sudah tahu adanya RES / Kura-kura Brazil Albino ini ? Lucukan kan ? Pasti Pengen Banget untuk Memeliharanya.



Kura-kura Albino ini tidak hanya terjadi pada RES saja, melainkan banyak Kura-kura yang mengalami Kasus Albino,Albino Pada Kura-kuraini dikarenakan adanya kekurangan pada Pigmen Warna/Gen Warna.

Kura-kura Brazil Albino ini Tidak kalah lucunya dengan Kura-kura Brazil Caramel.





Penulis : Tomi Pranata

Copyright © 2014 All right Reserved.

1 komentar:

kayaknya ada yg perlu di edit om lama telur sampai menetasnya he....