-->

Kura -kura MSE

Malayan Snail Eater atau bisa juga kita kenal dengan Kura-kura MSE (Malayemys Subtrijuga), kura-kura pemakan Siput/Keong. Sering disebut juga dengan kura-kura macan, Serem juga ya?, mungkin dinamakan kura macan karena motif yang bergaris pada wajahnya yang menyerupai Macan/Harimau, akan tetapi tidak seseram namanya, kura-kura macan ini bukan hewan buas seperti halnya Macan, kura-kura ini sangat pemalu dan sensitif akan hal yang ada di sekitarnya sehingga kura-kura ini salah satu kura-kura paling Pemalu.





 Kura-kura ini memiliki ciri yang begitu khas terutama pada bagian bentuk wajah dan motif wajahnya, kura-kura ini mempunyai postur kepala yang bulat dan pendek serta garis-garis yang simetris berwarna kuning gading dengan tempurung berwarna merah mendekati hitam.
Kura MSE ini hidup di perarian dangkal sperti; sungai dangkal, pinggir-pinggir rawa, dan persawahan. Tidak seperti kura-kura yang lain pemakan segalanya, kura-kura ini di alamnya hanya memakan Siput-siput kecil seperti Keong Emas. Dilengkapi dengan rahang yang sangat kuat sehingga kura ini bisa menghancur leburkan tempurung Keongyang keras dengan mudah, akan tetapi bukan tempurung keongnya yang dia makan, melainkan daging pada keong tersebut.

Tidak menutupi kemungkinan, apa yang saya alami ketika memelihara Kura-kura ini sebelumnya sering terkena penyakit Shellrot mungkin dikarenakan apa yang dimakannya.
Alangkah baiknya kita jangan terlalu sering/banyak beri pakan keong pada kura-kura ini, sobat bisa memvariasikanya dengan Potongan ikan Bandeng, Udang, dll

Seperti Kura-kura yang lain pada umumnya dikatakan dewasa jika kura tersebut menginjak umur 5 tahunan dengan panjang sekitar 18-20cm, dengan rata-rata telur yang dikeluarkanya 1-4 butir (Tergantung kesuburannya). Sama seperti semuanya untuk menangani telurnya pun butuh teknik-teknik khusus yang harus sobat ketahui jika ingin menernakan jenis kura-kura ini.
Untuk suhu Inkubasi tidak beda jauh dengan settingan kura-kura air yang lainya, yang membutuhkan kelembaban yang seimbang. Jangan terlalu dingin dan jangan terlalu panas.



Untuk takaran air, lebih baik kasih kura-kura ini setara dengan tinggi kerapasnya/tempurungnya, jangan terlalu banyak air, karena kura-kura ini tidak cukup pandai dalam hal berenangnya, Kasih ¾ Air dan ¼ daratan.
 
Menurut saya pribadi, jika sobat yang baru pertama memelihara kura-kura, sebaiknya jangan dulu pilih kura-kura yang satu ini, karena sisi perawatanya yang harus sangat ekstra hati-hati serta kura-kura ini memang sangat gampang stress bahkan jika terkena stress kura-kura ini bisa mogok makan dan bisa menimbulkan kematian.


Penulis : Tomi Pranata
Copyright © 2014 All right Reserved.