-->

Penyakit Shellrot Kura-Kura

Penyakit Shellrot pada Kura-kura tentu penyakit yang harus kita waspadai, kenapa saya bilang begitu, karena penyakit ini bisa menimbulkan kehilangan kura-kura kita alias Mati, Awal mula penyakit ini akan terlihat seperti bercak-bercak kuning di Bagian bawah/Perut Kura-kura, akan tetapi tidak hanya pada bagian bawah saja bakteri ini tumbuh, melainkan pada bagian Tempurung juga Bakteri ini bisa berkembang biak.
Awal mulanya penyakit ini bisa timbul dikarenakan beberapa faktor seperti :

1.      Faktor Makanan
Faktor makanan Menjadi salah satu terkenanya penyakit seperti ini, jika kita memberikan pakan yang berbakteri seperti Keong Emas maka tidak menutupi kemungkinan Kura-kura kita akan terkena penyakit ini, di karenakan di dalam tubuh keong emas ini terdapat Bakteri, Mungkin yang lebih parahnya lagi Racun yang menimbulkan Semacam bakteri yang bisa aktif di dalam tubuh Kura-kura kita Sendiri, saya Beri Contoh jenis Kura-kura Pemakan Keong ini Malayan Snail Eater / MSE.

2.      Faktor Lingkungan
Faktor lingkungan menjadi alasan saya dalam menanggapi hal yang seperti ini, Tidak terkontrolnya Perggantian Air secara teratur bisa menimbulkan bakteri-bakteri, dikarenakan adanya Kotoran Kura-kura yang menyatu bersama airnya, sehingga Menimbulkan Bakteri-bakteri yang dapat membahayakan Kura-kura kesayangan kita.

 

Awal Mula mungkin hanya bercak-bercak kuning saja yang terlihat pada bagian tertentu si kura, jika di biarkan saja tanpa ada pengobatan mungkin bercak tersebut lama kelamaan akan menggrogoti bagian yang terkena bakteri tersebut hingga berlubang, dan lama kelamaan jika kita biarkan lubang-lubang tersebut akan meluas, hingga akhirnya merenggut nyawa kura-kura kesayangan kita.




Apa kita Akan Tega Membiarkan kura-kura kita terkena penyakit Shell rot seperti ini dan tidak ada penindakan lanjut ? Tentu saja Tidak, jika kita memelihara Hewan apa pun itu, tentu saja kita pasti sayang sama hewan tersebut dan tidak mau hewan peliharaan kita terkena penyakit apalagi penyakit yang mematikan seperti ini.
Saran Dari saya :

1.      Perhatikan Filterisasi Air pada Aquarium/Kolamnya
2.      Perhatikan jenis makannya
3.      Bersihkan Kandang secara teratur
4.      Bersihkan alas kandang secara teratur (Untuk Kura-kura darat)
5.      Perhatikan kebersihan Air minum (Untuk Kura-kura darat)

Jika kita sekarang mendapat masalah penyakit yang seperti ini, alangkah baiknya Untuk Mencoba Saran-saran saya yang di atas. Atau lebih baiknya kita pergi ke Dokter hewan yang sudah berpengalaman menangani Kura-kura kita ini, dan Minta Pendapat Dari Dokternya.



Penulis : Tomi Pranata
Copyright © 2014 All right Reserved.