-->

Kura-kura Ambon

Kura-kura Ambon (cuora amboinensis), setiap daerah mungkin mempunyai nama yang berbeda-beda, ada yang menyebutnya Kura-kura batok, Kuya Batok, Kura Katup, dll

Kura Ambon tergolong Kura-kura Semi-Aquatic dimana dia membutuhkan Air Untuk Berenang dan Menghilangkan Dehidrasinya, dan membutuhkan Daratan seperti Kayu, Tanah, ataupun Batu untuk media berjemurnya. Di alamnya Kura-kura ini Seringkali berada di daratan meskipun kura ini tergolong kura-kura air dan masuk ke Air yang Dangkal untuk mencari makan / sekedar menghilangkan Dehidrasinya, Kura-kura ini tidak cukup pandai dalam hal berenang, dikarenakan Selaput pada kaki-kakinya tidak seperti Selaput pada kakikura-kura RES.



Kura-kura ini Tergolong Hewan pemakan segalanya/Omnivora, Ikan, jangkrik, Sayuran, Pelet, dll. dan Menurut Pengalaman saya sendiri memelihara kura-kura ini sangatlah gampang dan menyenangkan, kura-kura ini terkesan sangat Ramah dan Lemah lembut, mudah di di pegang, bahkan lebih enaknya lagi kalau kita punya yang ukuran baby nya kita bisa handle dan memberi makananya dengan cara membiarkanya di telapak tangan kita dan si kura pun makan dengan asiknya. Dan Untuk Ukuran dewasa kita bisa Menyuapin kuranya sendiri seperti halnya kita ngasih makan sama Jerapah yang ada di kebun binatang.
Mengapa bisa begitu ? Karena menurut saya karakteristik Kura-kura yang satu ini begitu Ramah (Terkadang pemalu jika mendapat majikan baru), sifatnya pemberani (Bukan berarti suka menggigit), dan yang terakhir bentuknya Unik Seperti Kura-kura Aldabra.


Dalam Hal Ukuran kura-kura ini bisa mencapai kurang lebih 25cm dan beratnya sampai rata-rata 1,5kg, dan dalam hal Usia Kura-kura ini bisa mencapai 20 Tahunan, dan setiap bertelur bisa menghasilkan 2-3 Butir,dengan rata-rata penetasan paling lama 3 bulan.

Jika kita mempunyai Kura-kura Ambon Sepasang (Jantan dan Betina) kemudian si betina Bertelur, alangkah baiknya kita jangan dulu mencoba untuk memindahkanya, Ada Teknik-Teknik khusus untuk Cara Menangani Telur Kura-kura tersebut.


Persebaran Kura-kura Ambon ini di Indonesia melingkupi Pulau Sulawesi dan Sumatera,Adapun ciri-ciri perbedaan Warna Kura-kura dari kedua Daerah tersebut.

1.      Kura-kura Ambon Asal dari Sulawesi




2.      Kura-Kura Ambon Asal Dari Sumatera

 

Untuk Kita yang mau Pelihara Kura-kura ini alangkah baiknya ikuti masukan seperti ini :

-          Buat Indoor (Aquarium)

Sobat bisa Kasih ¾ Daratan dan ¼ Air, dengan Kedalaman Air Sampai Batas Kepalanya Saja.



-          Buat Outdoor (Kolam)

Sobat bisa Kasih ¾ Daratan dan ¼ Air, dengan Kedalaman Air Sampai Batas kepalanya saja.



Jangan lupa Untuk memeriksa keberadaan Air, pergantian secara teratur dan tidak ngelantur akan membuat Kura-kura sobat Good Mood.

Dan Variasikanlah Makananya, Supaya Menjaga Dari Mogok makan (Bosan Menu makananya).





Penulis : Tomi Pranata

Copyright © 2014 All right Reserved.